Friday, December 10, 2010

Ebook Reader gambaran 2 perkembangan tehnologi

Oleh: Cinjaf
Negera Amerika Serikat sebagai negara yang menjadi acuan tentang perkembangan banyak hal, juga perkembangan tehnologi, saat ini sedang mulai dilanda Trend yang baru, yaitu Ebook Reader.

Ebook Reader adalah sebuah alat untuk membaca buku elektronik (ebook) yang secara ukuran tidak lebih besar dari sebuah buku tulis. Sehingga sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana karena ukuran dan beratnya yang cukup ringan.

Fenomena baru ini memperlihatkan kepada kita tentang 2 perkembangan tehnologi yang cukup mengubah prilaku masyarakat secara umum. Kedua perkembangan tehnologi ini antara lain :

1. Perkembangan wujud sebuah Buku :

Diawali dengan sebuah tulisan ditulis di atas batu atau kita kenal dengan nama Prasasti, kemudian berkembang kepada tulisan atau buku ditulis di atas kayu, kemudian berkembang lagi tulisan atau buku ditulis di atas daun, kulit atau logam dan yang terakhir kita ketahui adalah tulisan atau buku ditulis di atas sebuah kertas.

Perkembangan termutahir adalah sebuah buku ditulis dalam bentuk elektronik dalam bentuk Ebook. Jadi tidak perlu dicetak dalam bentuk media cetak lalu diberi cover buku dan kemudian dijilid. Cukup hanya diketik dan didesign dalam media elektronik seperti word prosesor dengan design tulisan dan image dalam bentuk digital kemudian disimpan hasilnya dalam format yang mudah dibaca sebagai sebuah file, umumnya dalam format pdf, maka jadilah sebuah buku elektronik yang kita kenal sebagai ebook.

Ebook adalah terobosan baru dalam dunia tehnologi tentang pola menampilkan wujud sebuah buku. Dengan ebook maka :
  • Kita dapat menyimpan buku dalam bentuk file yang sangat kecil ukurannya.
  • Kita dapat membaca buku melalui computer kita.
  • Karena bentuknya hanya sebuah file, maka kita dapat mempunyai perpustakaan elektronik dalam bentuk kumpulan buku dalam computer kita.

2. Perkembangan alat membaca Ebook

Kalau tadinya orang hanya bisa membaca ebook melalui computer, sekarang hal itu tidak harus selalu demikian. Karena para ilmuwan telah mengembangkan alat membaca buku dalam bentuk ebook reader, yang bukan hanya bisa membaca buku, tetapi juga dapat mendownload sebuah produk ebook ke dalamnya melalui jaringan internet.

Bentuknya yang sangat kecil dan beratnya yang cukup ringan membuat kita dapat membawa setumpuk buku dalam genggaman kita. Itu berarti kita juga dapat membawa sebuah perpustakaan berskala besar, hanya dalam saku baju kita.

Sumber : http://www.managementfile.com

No comments:

Post a Comment